Selama ini berkembang mitos bahwa jurnalisme investigasi adalah pekerjaan jurnalistik yang teramat sulit dan berbahaya. Hanya wartawan dengan nyali tinggi yang bisa melakukan pekerjaan itu. Mitos itu tak teramat salah, tapi juga tak benar-benar akurat.

Memang butuh keberanian, keterampilan, ketekukan, dan kemampuan khusus, tapi bukan berarti tidak bisa dikerjakan oleh siapa saja. Butuh pengalaman dan pengetahuan yang tepat untuk bisa melakukan kerja investigasi. Kelas ini hadir untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman para wartawan Tempo dalam melakukan kerja investigasi.

Kelas Online Jurnalisme Investigasi ini bertujuan untuk memupuk tumbuh suburnya kultur jurnalisme investigasi di negeri ini. Kelas ini tersaji atas kolaborasi Tempo Institute dengan Free Press Unlimited (FPU), organisasi nirlaba yang memiliki perhatian besar pada isu kebebasan pers dan profesionalisme jurnalistik.

Dalam kursus ini kami akan memberikan petunjuk praktis yang memungkinkan Anda dapat melakukan liputan-liputan yang tidak saja berdampak luas tapi juga akan diingat sampai lama.

Tujuan Pembelajaran
Peserta mampu membuat laporan investigasi yang berdampak

Materi yang Dipelajari
  1. Definisi Jurnalisme Investigasi
  2. Merencanakan Liputan Investigasi
  3. Menembus Sumber Berita
  4. Memeriksa Temuan
  5. Teknik Analisa Data Investigasi
  6. Keamanan dan Keselamatan Investigasi
  7. Menulis Laporan Investigasi
DAFTAR